Arung Jeram Pangalengan Terpopuler

Bandung terkenal dengan kotanya yang indah, pemandangan alam yang memesona dan udara yang sejuk. Salah satunya ada di daerah Pangalengan, ada sungai yang direkomendasikan untuk rafting, apalagi bagi anda pecinta wisata outdoor pasti akan menambah pengalaman berwisatanya. Namun sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, apa itu arung jeram. Secara singkat arung jeram adalah salah satu olahraga yang mana dipadukan dengan unsure petualanganm edukasi dan rekreasi dengan cara mengarungi suatu sungai yang jeram dengan menggunakan boat karet, dayung, kayak dan kano. Disana pengunjung akan merasakan sensasi mengarungi sungar dengan arus yang deras serta lika liku terjalnya sungai. Arung jeram ini memerlukakan kekompakan tim agar bisa sampai pada garis akhir, untuk waktunya tergantung pada sungai yang anda coba untuk arung jeram.

Salah satu sungai yang bisa anda coba adalah sungai palayangan. Berlokasi di jalan situ cileunca, Wanasari, Pangalengan, bandung Jawa Barat. rafting pangalengan ini memiliki arus yang deras namun stabil. Bagi anda yang belum pernah mencoba arung jeram di sungai palayangan, berikut ini tips ketika anda mengarungi sungai palayangan:

1. Mendengarkan Pemandu
Bagi anda yang pertama kali mengarungi sungai palayangan, pertama yang perlu diperhatikan adalah aba aba dari pemandu. Biasanya disebut safety talk, karena mereka lebih berpengalaman maka selalu dengarkan apa kata pemandu.

2. Menggunakan Pelampung dan Helm
Ini menjadi alat keselamatan anda. maka selalu gunakan pelampung dan helm, pelampung berfungsi untuk melindungi tubuh anda dari benturan atau jika perahu mengapung dan anda tidak bisa berenang sangat membantu sekali. Helm berfungsi untuk melindungi kepala anda dari bebatuan sungai. Maka jangan sampai lepaskan keduanya sampai akhir tujuan.

3. Memakai Pakaian yang Nyaman
Pakailah pakaian yang nyaman,sesuaikan dengan tempat yang anda kunjungi. Diutamakan untuk rafting gunakan pakaian yang mudah kering, jadi selama perjalanan bisa sambil mengeringkan baju.

4. Jangan Panik
Jika terjadi apa apa diusahakan tetap tenang. Karena jika panik, nanti akan berdampak pada anggota yang lain. maka dalam kondisi apapun diusahan tetap tenang, agar bisa kembali fokus.

5. Percaya pada partner
Ini menjadi kunci penting, karena partner akan sangat membantu dalam bekerjasama. Karena arung jeram adalah olahraga yang membutuhkan kerjasama team sampai akhir. Jika partner mudah diajak kerjasama tentu perjalanan akan sangat menyenangkan.

Itu tadi lima tips yang perlu diperhatikan. Selain itu persiapkan kondisi tubuh anda, pastikan kondisi tubuh anda prima, dan jangan sampai perut dalam keadaan kosong. Jika sudah mencoba rafting tentu akan menjadi pengalaman tersendiri dan tentunya akan berkesan, liburan anda juga akan berbeda dengan liburan liburan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *